Sabtu, 10 Desember 2011

BIKIN PASPORT CUMA BUTUH 3 HARI!!!


Jika pada tulisan sebelumnya, semua adalah tulisan suami saya yang sedang kuliah di University of Kansas, Kansas, maka kali ini saya juga bakal ikut serta menuliskan bagaimana perjalanan dan persiapan saya sebelum pada akhirnya bisa ikut suami kesana.

BIKIN PASPORT CUMA BUTUH 3 HARI!!!

itu yang tertulis di judul sebuah blog pribadi saat gue mencoba cari tau bagaimana cara dan apa saja syarat untuk membuat surat ijin keluar negri itu,.. cuma 3 hari?? bentar banget,... bagus dong, soalnya dari beberapa orang yang gue kenal dan aku tanyai, rata-rata bilang kalo bikin pasport butuh waktu yang cukup lama, sekitar 2 minggu sampai satu bulan. EBUSYETT! LAAAAAAAMMAAAAAAAAAA BANGEEEEEETT!!!,.. tapi setelah baca beberapa blog tersebut, gua bisa sedikit bernafas lega sekaligus positive thinking,.. positive thinking karena mungkin sistem pendataan dan semua hal dalam mengurus dan membuat sebuah pasport sudah jadi sangat baik dari waktu ke waktu di negeri ini, karena bukan hal baru kalo kita mendengar mengurus birokrasi di Indonesia ini sedikit (di)(per)rumit... *ngertikan maksud awalan yang dikurung ntu??*. jadi mulailah gua membaca dan mencatat semua hal yang diperlukan untuk membuat sebuah pasport, dan ternyata hal ini mengarahkan gua untuk mendaftarkan permohonan pasport dengan cara online, yang sesuai yang gua baca, dengan mengisi aplikasi secara online di website Dirjen Imigrasi berarti kita secara ga langsung sudah menghemat waktu kita dan juga petugas Imigrasi tentunya, karena semua formulir yang dibutuhkan sudah kita masukan ke dalam aplikasi Online tersebut, dan OKEH!! gua mulai mengisi secara online dengan terlebih dahulu men-scan beberapa surat seperti KTP, Kartu Keluarga, Akte Nikah, Ijazah dan Akte Kelahiran. setelah semua selesai yang gua dapatkan adalah form tanda terima yang tinggal gue print dan bawa di hari gue ke kantor Imigrasi,.. 

BIKIN PASPORT CUMA BUTUH 3 HARI!!!
hal ini membuat gue semakin semangat untuk mempertaruhkan semua daya dan upaya (cielaaah,... kagak mau pergi perang ajah..) hari itu, senin, sehari setelah pulang Kuliah Lapangan Umum di Lubuk Alung dengan muka merah merana bukan merona lagi karena saking merahnya karena terbakar matahari selama 2 hari KLU, gue ke kantor Imigrasi, karena jadwal masuk permohonanku tanggal 5 Des jam 8 hingga jam 12 siang. Apa yang gue lihat?? ternyata ekspektasiku tentang berapa banyak orang minang yang akan membuat pasport ato biasa keluar negeri terbukti salah besar, SEKALI LAGI!!! SALAH BESAR!! *biar brasa ketegangannya*  gimana ga coba,? ternyata jumlah orang yang mo bikin pasport ato mau keluar negeri jumlanya banyak banget,.. rata-rata jawabannya sama kalo ditanya adalah mo pergi liburan ke Malaysia ato Singapura,. selebihnya banyak yang mo pergi umrah PLUS(Umrah plus jalan-jalan juga). cara ngebedainnya juga mudah,.. kalo  yang datang sama anak-anak dan keluarga ato malah anak2 muda yang datang berombongan biasanya mo pergi liburan tu,.. nah beda sama rombongan kakek nenek yang selalu keliatan kebingungan dan selalu nanya sana-sini  selama di kantor Imigrasi, biasanya itu adalah rombongan Umrah Plus yang datang dari berbagai daerah di Sumatera Barat.

Kembali ke semangat BIKIN PASPORT CUMA BUTUH 3 HARI!!! --nya gue, karena sudah ngisi secara online, gue tinggal nyelonong masukin permohonan yang cuma diisi form hasil daftar online sebelumnya+ fotocopian berkas-berkas lainnya. berkas masuk,.. dan mari menunggu 30 menit,.. lalu siram hingga bersih,.. huwahahaha emangnye WC jongkok,.. trus setelah semua masuk, ga sampe 15 menit gue dipanggil dan dikasih slip tanda terima permohonan untuk selanjutnya foto dan Wawancara hari Kamis -nya,.. SEMPRUL!!! itu mah bukan 3 hari  tapi 3 hari kemudian,... trus kapan gue bakal dapet paport dong??? alhasil gue pulang dengan dengan semangat BIKIN PASPORT CUMA BUTUH 3 HARI!!! tinggal 50%.

hari Kamis,. 8 Desember 2011, jam 9.30  dengan semangat BIKIN PASPORT CUMA BUTUH 3 HARI!!! tinggal 50%,. dengan bermodal slip tanda terima dan berkas-berkas ato dokumen asli (katanya sih dokumen asli bakal ditanyain dan harus dikasih liat ke petugas imigrasinya, sebagai bukti asli ato tidaknya dokumen yang telah kita isikan) gua langsung ke loket 3 yang melayani jadwal foto dan wawancara,.. kasih slip--- di ceklist--- dikasih no antrian---dapet no 153---duduk. setelah menghela nafas saat dudu, gue mendengar sesuatu yang bikin gue kaget bukan kepalang!! KAGET BUKAN KEPALANG SODARAH-SODARAH!!!! gue mendengar kalimat gini nih,... "panggilan foto dan wawancara untuk nomor urut 43,44 , 45, 46 dan 47 ke ruangan foto segera!!"  BUJUBUNENG!! KUTU KUPRET!! SAUS TARTAR!! JENGGOT MERLIN!! semua-nya gue absen,. (walo dalam hati sih,..) jauhnya dari nomor urut gue 110 nomer,... mau ga mau gue harus nunggu, soalnya jadwal gue hari ini,... gue mulai menunggu dengan BISMILLAH,...

Sambil menunggu yang lebih darin 30 menit x sekian,.. gue mulai bosan,.. beruntung ada bapak-bapak tua, sekitar 60-70 tahunan yang jual koran mondar-mandir dari tadi, pilah-pilih koran, gue mutusin milih KOmpas karena beberapa menit sebelumnya gue liat ada berita di 8-11 (Eight-Eleven) Metro TV, tentang penemuan planet baru yang siap huni dengan courtesy dari Kompas. Gue beli kompas,. gue liat harganya 4500 di korannya,. gue keluarin deh uang 5000, eh si bapak malah bilang kalo harganya 7000, MAHAL!!! tapi kembali gue ber-positive thinking, sekalian biaya capek si bapak tua jualan tiap harinya, kasihan. baca koran, buka sana-buka sini, baca sana-baca sini, gue ga nemuin berita tentang planet baru itu. ya udah deh,.. setelah beberapa baca berita yang menurut gue menarik, semuanya gue akhir dengan mengisi SODOKU yang tersedia di koran itu,.. 
semenit,.. 
lima menit, 
sepuluh menit gue pusing,.. 
15 menit kepala gue mulai sakit,..  
30 menit gue mulai mual-mual,.. 
asli!! SODOKUnya SUSAAAAAAHH BANGET!!! 
gua ngambek,.. ga mau ngisi SODOKU lagi. Gue mulai nonton acara travelling di Metro.

Jam 12, masih di hari Kamis,.. jam istirahat gua keluar kantor imigrasi, katanya bakal di sambung lagi jam 1, nomor terakhir sebelum istirahat adalah 68, masih lama banget kan?? iya kan?? iya dong!! karena perut juga sudah komplain, belom diisi dari pagi soalnya,.. hehehe.. gue pilih makan sate karena ekspektasi gue bagus gitu,.. gue pesen tu sate satu porsi,.. ditunggu 2 menit, satenya hadir,.. gue makan,. bushyet,.. rasanya ga ada yang nendang!! ga dagingnya, ga ketupatnya, ga juga kuahnya, yang biasanya selalu gue suka dari sate, untuk pertama kalinya seumur hidup gue, gue makan sate ga habis, kebayang ga tuh gimana ga enaknya, rasanya padang-yogya-jayapura, alias ga ada satupun yang nyambung rasanya,.. gue tuntaskan hajat perut gue saat itu juga biar bisa langsung balik ke dalam kantor, pas ngebayar gue keluarin uang 10ribu, karena liat dari porsi dan "bentuk"nya harganya ga bakal lebih dari 10 reboan, dan ternyata,... untuk kedua kalinya dalam hari ini gue merasa diperas,.. emang gue sapi,.. masa' harga sate seupil itu 12ribu,.. waduh kalo ga sadar diri, gue bisa ngamuk juga nih, dan dengan sangat terpaksa gue bayar juga tu sate ga enak,.. gue langsung jauh-jauh daari tu warung sate,.. dalam hati sempet kesel banget!! kalo harganya 12ribu mending gue makan nasi rames di seberang jalan. mo nambah juga ga bakal ngerasa rugi gue harus bayar mahal. SIALAN tu tukang sate,..

Kembali ke kantor imigrasi dengan semangat BIKIN PASPORT CUMA BUTUH 3 HARI!!! tinggal  10%.  tinggal 15 menit  menuju jam 1, gue pilih buka laptop dan nge-FB,. ga ada yang seru siang itu, ganti haluan, gue main angry bird. gue mulai main angry bird sambil dilirik-lirik sekeliling orang disana, gimana enggak, bunyinya aja kayak bunyi piring pecah dan bom gitu,.. mungkin dikirain gue nonton film yang isinya KDRT semua,.. hahaha,.

Jam 1 siang,... "Panggilan nomor 70, 71, 72, 73 dan 74 keruangan foto segera"  
 gue nguap-nguap ngantuk,..

jam 2 siang,... Panggilan nomor 83, 84, 85, 86, 87, 88 dan 89 keruangan foto segera"  
gue seneng,.. sekali panggil 7 orang,. bisa cepet nih kayaknya,..

jam 3 siang,... Panggilan nomor 100, 101, 102, 103 dan 104 keruangan foto segera"   
"sedikit lagi,.. sedikit lagi,.." gue mulai meng-sugesti diri sendiri biar lebih sabar,..

menjelang Ashar,.. Panggilan nomor 112, 113, 114 dan 115  keruangan foto segera"   
"sabar,. sabar,.. sedikit lagi In,.." sugesti mulai menunjukkan hasil yang baik,..

Ba'da Ashar,... "Panggilan kembali kepada nomor urut 46, 50, 56, kepada bapak Dafris keruangan foto segera" sugesti positif yang gue bangun selama hampir dua jam hancur berantakan berkeping-keping hingga hancur seperti debu seketika,..

jam 4 sore,.. " Panggilan kembali kepada nomor urut 69, 72, kepada bapak Dafris dan Buk Ratna keruangan foto segera" gue mulai ngasah-ngasah kuku-kuku panjang gue, ketemu sama yang namanya Dafris gue hajar,... Bikin gue kesel aja,.. harusnya nomor gua tinggal sedikit lagi, tapi gara-gara dia ga maju-maju juga,... trus,.. sapa lagi tu Buk Ratna?? kemana ja die pas nomornya di panggil??

Menjelang jam 5 sore,... bedak gue sudah luntur dari 3 jam lalu,.. lipgloss gue dah habis gue jilat-jilat,.. niat gue biar tampil cantik di depan kamera pas foto pasport pupus sudah,. PT Caltex sudah buka cabang di muka dan khususnya di hidung gue,... muka gue udah mengkilat banget.

jam setengah 6 sore,.. "Panggilan kepada nomor urut 144, 145, 146, 147 dan 148 ke ruangan foto segera"
 Alhamdulillah ya Allah, Engkau memang selalu mendengar doa orang yang teraniaya,.. sugesti positif kembali aku bangun,.. kali ini sugesti bener-bener positif,.. tinggal 5 nomor lagi,..  5 lagi,... 5 LAGI!!!!!!

detik-detik penantian panjang selama 6 jam lebih itu akhirnya berakhir sudah di jam 17.44 alias jam 6 sore kurang seperempat,... gue dapat giliran masuk untuk foto,.. gue foto, rekam sidik jari,. duduk nunggu bentar wat wawancara- foto lagi, sidik jari lagi,... KOK LAGI!! Entah?? gue ga tau kenapa tu petugas minta gue ngulang foto lagi,.. wat pribadi kaleee ya?? hahaha narsis,.. ya iya la,.. kata Suami gue cakep kok,.. ^_^

Wawancara, gue siapin dokumen-dokumen asli,.. pas wawancara, ternyata sama sekali ga dimintaliat,.. ditanya aja kagak tuh dokumen asli punya gue,.. ya udah kalo gitu,.. kalo salah jangan salahin gua aja,.. selese wawancara, gue dikasih slip (LAGI) yang kata si petugas wat ngambil pasport jadinya,...

Alhamdulillah,....Gua pulang sore itu,.. sambil liat slipnya,. disana tertulis PENGAMBILAN PASPOR TANGGAL 14 DES 2011 JAM 14.00-16.45. dan itu tanggal seminggu lagi,...Ternyata  BIKIN PASPORT CUMA BUTUH 3 HARI!!! cuma omong kosong doang!!!

APAAN 3 HARI?? 3 HARI DI TANGAL YANG TIDAK BERURUTAN SIH IYA!!! gua mete-mete pas pulang,..Semangat BIKIN PASPORT CUMA BUTUH 3 HARI!!! sudah berada di titik 0%. Gue tinggal liat gimana pula hari gue di tanggal 14 itu, bakal se"sadis" hari ini kah ato malah lebih baik ato lebih buruk,..

SEMOGA!!!! 

1 komentar:

  1. komen dong,.. saya perlu komennya nih,.. biar bisa berbagi pengalaman yang sama ataupun berbeda,..

    BalasHapus